Cara Mudah Membuat Widget Posting Terbaru di Sidebar Blog

Bagi anda yang ngeblog dengan menggunakan platform blogger. com, ada banyak macam widget yang bisa anda tambahkan di sidebar untuk mempercantik blog anda. Mulai dari menambahkan widget Popular Posts (tulisan terpopuler), Arsip, Label, Profil, Statistik Pengunjung dan lainnya, termasuk penggunaan kode HTML/JavaScript.

Namun ada salah satu widget yang tidak kita jumpai saat kita akan menambahkan gadget di sidebar tersebut, yakni untuk widget Posting Terbaru (Recent Posts). Posting terbaru adalah susunan tulisan atau artikel yang baru kita buat.

Sebelumnya, blogger sempat menyediakan gadget ini, sehingga kita tinggal menambahkan gadget tersebut untuk digunakan di sidebar. Namun, sekarang penggunaan gadget tersebut dihilangkan blogger.

Walaupun gadget tersebut saat ini tidak tersedia lagi, namun kita bisa menggunakan gadget lainnya yang bisa kita pakai untuk menempatkan gedget posting terbaru, yakni dengan menambahkan gadget FEED.

Untuk menambahkan gedget tersebut sangatlah mudah

Langkah pertama adalah kita terlebih dahulu masuk ke Layout (Tata Letak) dan kemudian klik Add a Gadget atau tambahkan gadget di sidebar dan dilanjutkan dengan menambahkan gedget FEED.

Setelah kita mengklik tombol tambah pada gedget FEED, akan keluar kotak kosong untuk menambahkan URL Feed blog anda, dan anda tinggal mengisi kotak kosong tersebut dengan menambahkan URL Feed blog anda. Biasanya URL Feed adalah URL ditambah feeds/posts/default dibelakang URL utama.

  • Contoh: alamat URL blog ditambah /feeds/posts/default
  • Seperti ini https://coratcoret-blogku.blogspot.co.id/feeds/posts/default

Dilanjutkan dengan mengklik continue dan setelah itu kita tinggal menyesuaikan tampilan yang ada dengan apa yang kita inginkan dan sekanjutnya setelah selesai klik save (simpan). Langkah terakhir, setelah selesai tinggal menyesuaikan letak widget posting terbaru pada sidebar.

Namun sayangnya, untuk penggunaan widget feed ini, untuk posting terbaru tidak bisa menampilkan tulisan terbaru hingga sepuluh tulisan, lantaran dibatasi hanya lima tulisan terbaru.

Demikianlah sedikit tutorial dari saya tentang cara mudah untuk membuat widget Posting Terbaru (Recent Posts) di sidebar blog dengan menggunakan gadget Feed. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung ke blog saya.

Post a Comment

Copyright © CCB. Designed by OddThemes