Rutin Minum Kopi Setiap Hari, Sangat Baik Untuk Kesehatan

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang sangat populer dan begitu banyak digemari terutama di masyarakat kita. Minuman yang konon berkhasiat untuk mengusir kantuk ini, tidak hanya kita jumpai di rumah-rumah saja, namun telah menjamur di warung-warung tradisional di daerah pedesaan hingga cafe-cafe di perkotaan.

Bahkan diberbagai daerah di Indonesia, cara pembuatan dan penyeduannya memiliki berbagai keunikan tersendiri.
Biji kopi (foto. ilustrasi)
Sayangnya, di masyarakat kita banyak yang sering mengidentikan kopi dengan hal-hal yang negatif, seperti dapat menyebabkan berbagai penyakit pada tubuh kita.

Namun, tahukah anda? ternyata yang berhubungan dengan kopi tidak selalu berhubungan dengan hal-hal yang negatif. Kopi juga memiliki sisi positif yang bermanfaat bagi tubuh kita, terutama jika dikonsumsi rutin setiap hari dan tidak berlebihan.

Manfaat kopi

Jika diminum rutin setiap hari, terutama diminum di pagi hari jelang melakukan aktivitas sehari-hari atau pekerjaan, secangkir kopi atau segelas kopi memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan terutama jantung. Dengan rutin meminum kopi setiap hari di pagi hari, kopi memiliki potensi untuk mencegah terjadinya penyumbatan arteri yang merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit jantung.

Selain itu, meminum kopi rutin di pagi hari, juga bisa meningkatkan stamina, konsentrasi dan produktivitas kita dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

Tidak hanya satu kali sehari, banyak pakar-pakar di bidang ilmu kesehatan yang menyarankan agar meminum kopi dikalukan dua atau tiga kali sehari.

Walaupun memiliki banyak manfaatnya, alangkah baiknya jika kopi tidak dikonsumsi dengan berlebihan. Jika diminum secara berlebihan sampai empat hingga lima kali sehari, akan mendatangkan efek yang kurang baik bagi tubuh kita.

Biasakan meminum kopi secara teratur seperti minum obat, maka akan berdampak baik untuk tubuh kita. Selain itu, disarankan untuk tidak menambahkan yang lain, seperti susu dan krim seperti kebanyakan yang dilakukan orang-orang saat ini. Hindari penggunaan tambahan gula yang berlebihan dan gunakan secukupnya saja, atau anda bisa menambahkan pemanis tambahan seperti susu nabati yang terbuat dari kedelai atau almond (sejenis kacang-kacangan).
Segelas kopi (foto. ilustrasi)
Waktu yang tepat untuk minum kopi

Waktu-waktu yang tepat untuk minum kopi adalah di pagi hari sekitar jam tujuh hingga jam sembilan, jam dua belas hingga jam satu siang, dan jam empat hingga jam enam sore. Diwaktu-waktu tersebut, kafein didalam kopi berinteraksi dengan hormon penting yang ada didalam tubuh kita, yakni hormon kortisol.

Hormon kortisol berfungsi untuk membantu menjaga tekanan darah, fungsi kekebalan tubuh dan proses anti-inflamasi tubuh, atau meningkatkan kesadaran kita dan membuat kita tidak mengantuk.

  • Untuk di pagi hari, hindari meminum kopi setelah bangun tidur dan beri jeda sekitar satu atau satu setengah jam setelah bangun tidur.
  • Jika kopi diminum di waktu siang, sebaiknya diminum setelah selesai makan siang. Karena, biasanya memulai aktivitas setelah makan siang, sering membuat kita kurang bersemangat. Kafein yang ada dalam kopi, bisa mengusir kantuk dan meningkatkan konsenstrasi dan menunjang produktivitas kita dalam beraktivitas.
  • Sedangkan diwaktu sore, kopi bisa menemani santai kita setelah seharian beraktivitas :) 

Kopi bagi saya

Bagi saya pribadi, meminum kopi merupakan kebiasaan sehari-hari yang tidak pernah saya lewatkan. Manfaat kopi untuk saya pribadi, untuk meningkatkan konsentrasi dan produktivitas dalam melakukan aktivitas saya sehari-hari.

Demikianlah artikel tentang manfaat kopi untuk kesehatan, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua, terutama bagi saya yang menulis.

3 comments :

Copyright © CCB. Designed by OddThemes