Es Buah Cokelat Bukittinggi, Jajanan Enak dan Nikmat

Jika anda berkunjung ke kota Bukittinggi, selain dapat menikmati indahnya wisata alam dan sejarah, anda juga akan disuguhkan dengan berbagai macam pilihan untuk wisata kuliner. Mengenai kuliner, kali ini kita tidak akan membahas tentang kuliner-kuliner yang telah biasa dibahas. Namun, kali ini kita akan membahas tentang salah satu jajanan yang sangat unik di kota Bukittinggi yang mungkin jarang kita temui di daerah lain.

Salah satu jajanan yang banyak disukai baik dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa di kota Bukittinggi adalah Es Buah Cokelat.

Es Buah Cokelat adalah es yang terbuat dari buah-buahan yang dipotong-potong lalu didinginkan di dalam freezer hingga mengeras dan kemudian setelah keras buah-buahan tersebut dilumuri cokelat yang terbuat dari resep khusus dan kemudian ditaburi meses diatas cokelat. Terdiri dari berbagai macam buah-buahan seperti nangka, nenas, pisang, pepaya dan bingkuang, sangat cocok dinikmati untuk menemani suasana santai dan istirahat anda.

Usaha Es Buah Cokelat ini merupakan usaha rumahan yang dikelola seorang ibu rumah tangga yang memiliki kecintaan terhadap dunia kuliner atau istilah sehari-harinya hobi memasak. Berawal dari hobi memasak, ia kerap mencoba berbagai macam masakan-masakan dengan resep yang didapatkannya dari berbagai sumber.

Es Buah Cokelat

Untuk cara pembuatan Es Buah Cokelat ini sendiri, sang ibu mendapatkan resep pembuatannya dari seorang temannya beberapa tahun lalu.

Usaha Es Cokelat ini, telah berjalan sekitar empat tahun dari pertama berdiri, dan sampai sekarang tetap eksis.

Di setiap harinya, Es Buah Cokelat berbagai rasa ini mampu terjual hingga ratusan buah. Bahkan para pembeli tidak mengenal waktu. Es Buah Cokelat ini terkadang mulai dibeli pembeli dari sekitar jam delapan pagi dan terkadang hingga jam sepuluh dan jam sebelas malam pun masih ada yang membeli es buah ini.

Dari berbagai macam buah, Es Buah Cokelat dari nangka menjadi favorit dan paling banyak diserbu pembeli, Terkadang, sampai berhari-hari kosong lantaran terkendala kesulitan mendapatkan bahan baku buah nangka. Sementara untuk yang lainnya, selalu tersedia.

Di Bukittinggi, jajanan ini dijual tidak dibanyak tempat. Namun, biasanya di hari-hari tertentu ada juga yang menjualnya di sekitar kawasan Taman Jam Gadang Pasar Atas, yakni ketika di hari-hari libur, dimana kota Bukittinggi selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal.

Rata-rata jika dibawa ke pasar dan dijual dari siang hingga sekitar jam empat sore, akan habis terjual 100 hingga 150 buah, dengan harga yang sangat terjangkau, yakni hanya dua ribu Rupiah per buah.

Namun, jika di hari-hari biasa bila anda ingin mencobanya dan tidak menemukan jajanan ini di seputar Taman Jam Gadang Pasar Atas, anda bisa langsung membelinya dengan datang langsung ke rumah penjual yang beralamatkan di Jalan Panorama depan SMPN4 dan TK Pertiwi Bukittinggi. Selain dijual di daerah Panorama, Es Buah Cokelat ini juga ada yang menjualnya di sekitar persimpangan Jambu Air.

1 comment :

Copyright © CCB. Designed by OddThemes