Liburan Tahun Baru di Bukittinggi

Pesta Kembang Api di Jam Gadang - Pergantian tahun dari 2016 ke 2017 tinggal sekitar tiga minggu lagi. Biasanya, liburan tahun baru terutama di malam pergantian tahun banyak dimanfaatkan sebagian orang untuk berlibur dengan mengunjungi tempat-tempat wisata. Salah satunya tempat yang selalu ramai dikunjungi pengunjung adalah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Setiap liburan tahun baru, kota Bukittinggi selalu dipadati pengunjung yang datang dari seputar Sumatera Barat, luar Sumatera Barat bahkan manca negara.

Salah satu yang ditunggu-tunggu para wisatawan yang berlibur ke Bukittinggi pada tahun baru adalah Pesta Kembang Api. Sebab, setiap tahunnya di Bukittinggi selalu diadakan pesta kembang api yang tempatnya di pusatkan di Jam Gadang yang terletak di jantung kota Bukittinggi.

Ciri khas malam tahun baru di Jam Gadang adalah tepat di jam 00:00 lonceng Jam Gadang akan berbunyi dan diiringi dengan meriahnya pesta kembang api yang kembang apinya sendiri sudah disiapkan para pengunjung yang datang.
Pesta Kembang Api di Jam Gadang
Pesta Kembang Api 1 Januari 2016 (foto. Bro Robbie Junior)
Namun untuk masuk kota Bukittinggi, para wisatawan akan kesulitan, lantaran seperti tahun-tahun sebelumnya, akses jalan masuk ke Kota Bukittinggi selalu ditutup pada sore harinya. Hal ini dilakukan agar pengunjung yang datang ke Bukittinggi tidak membludak.

Tiga akses masuk ke kota Bukittinggi yang ditutup pada tahun-tahun sebelumnya adalah dari arah Padang, dari arah Pekanbaru dan dari arah Medan. Namun, walaupun begitu pengunjung tetap saja bisa masuk lantaran jalan-jalan tikus alias jalan alternatif sangat banyak.

Penutupan jalan masuk ke Bukittinggi sebenarnya adalah untuk menghindari hal-hal yang terjadi di malam tahun baru. Sekitar enam tahun yang lalu, Bukittinggi bahkan pernah di tutup untuk para pengunjung yang ingin merayakan malam tahun baru di Bukittinggi. Sebab, pada malam-malam tahun baru sebelumnya banyak hal-hal negatif yang terjadi.

Namun, seiring waktu di tahun-tahun berikutnya, Bukittinggi kembali ramai dikunjungi oleh orang-orang yang ingin merayakan malam tahun baru di Bukittinggi.

Lokasi lain selain Jam Gadang yang juga digunakan untuk melakukan pesta kembang api di malam tahun baru di Bukittinggi adalah di Lapangan Kantin (Wirabraja) yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman. Disini juga, dipenuhi oleh pengunjung yang ingin merayakan pesta kembang di malam tahun baru.

Selain dua lokasi tersebut, masih ada tempat-tempat lainnya yang juga digunakan untuk pesta kembang api, seperti di hotel-hotel. 

Hotel-hotel yang juga merayakan malam tahun dengan pesta kembang api di malam tahun baru adalah dua hotel bintang empat, Grand Rocky Hotel dan Novotel Bukittinggi, dan beberapa hotel-hotel bintang dua, salah satunya adalah Grand Malindo.

Namun yang paling meriah adalah di Grand Rocky Hotel dan Novotel. Kedua hotel tersebut, setiap tahunnya selalu merayakan tahun baru dengan pesta kembang api dan sangat meriah.

7 comments :

  1. wah pas bgt nih gan, kebetulan lagi di bukittinggi, rencana pulang di pending dulu biar bisa tahun baruan di bukittingi hehe

    ReplyDelete
  2. Di Bukittinggi memang seru. Saya pernah pergi sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya akan selalu seru.
      Terima kasih telah menyempatkan diri mampir ke blog saya mas

      Delete

Copyright © CCB. Designed by OddThemes