Wisata Bukittinggi Bertema Bung Hatta

Kota Bukittinggi merupakan kota kelahiran salah satu tokoh proklamator Indonesia, Muhammad Hatta atau Bung Hatta. Di kota kecil berhawa sejuk yang hanya memiliki luas 25 kilometer persegi inilah Bung Hatta kecil menghabiskan masa kecilnya hingga berusia sebelas tahun.

Pada kesempatan kali ini, kita tidak akan membahas tentang sejarah tentang Bung Hatta. Namun, pada artikel ini kita akan membahas mengenai tempat-tempat wisata yang berhubungan dengan nama Bung Hatta yang ada di Bukittinggi. Mulai dari rumah tempat beliau dilahirkan, hingga beliau menjabat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia, serta beberapa tempat-tempat yang dibangun untuk mengenang jasa-jasa beliau sebagai pejuang kemeerdekaan.

Sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasanya terhadap tanah kelahiran dan negara, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat beserta Pemerintah Kota Bukittinggi telah melakukan renovasi dan membangun tempat-tempat yang berhubungan dengan Bung Hatta. Mulai dari rumah kelahiran, sampai Monumen khusus untuk beliau.

Berikut Tempat-Tempat di Kota Bukittinggi Yang Diabadikan Dengan Nama Bung Hatta

1. Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta
Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata sejarah Kota Bukittinggi. Rumah yang saat ini berdiri, merupakan bangunan replika. Sebab, bangunan aslinya sendiri sebelumnya telah runtuh, dan dibangun kembali oleh Pemerintah Kota Bukittinggi yang kemudian diresmikan pada tahun 1995 silam.

Rumah ini terdiri dari dua lantai, yang terdiri dari struktur kayu. Didalam dan area rumah ini terdapat berbagai macam koleksi benda-benda bersejarah milik keluarga Bung Hatta seperti perabotan rumah tangga, koleksi foto-foto Bung Hatta dan keluarga, serta barang-barang bersejarah lainnya.

Lokasi: Jalan Soekarno-Hatta No. 37 Bukittinggi

2. Istana Bung Hatta 
Sama dengan Rumah Kelahiran Bung Hatta, Istana Bung Hatta atau Gedung Negara Tri Arga merupakan salah satu tujuan wisata sejarah di Kota Bukittinggi. Istana ini terletak di pusat kota Bukittinggi yang berhadapan langsung dengan ikon Kota Bukittinggi Jam Gadang dan Pasar Atas. Dahulunya, gedung ini merupakan kediaman sekaligus istana bagi Bung Hatta.

Saat ini, Istana Bung Hatta juga sering digunakan sebagai tempat menginap bagi para tamu-tamu dan pejabat negara yang yang berkunjung ke Sumatera Barat. Selain itu, gedung ini juga sering digunakan untuk acara-acara pertemuan dan seminar-seminar.

Gedung ini sebelumnya sempat hancur akibat Agresi II Militer Belanda tiga tahun setelah Indonesia merdeka. Gubernur pertama Sumatera Barat, Kaharudin Datuk Rangkayo Basa, merupakan penggagas agar gedung ini di renovasi kembali dan menyematkan nama pada gedung ini dengan nama Gedung Negara Tri Arga.

Di halaman istana, terdapat sebuah patung perunggu Bung Hatta yang dibangun untuk mengenang jasa beliau sebagai pejuang kemerdekaan. 

Gedung ini berada satu komplek dengan Gedung serba guna yang juga menggunakan nama beliau, yakni Balai Sidang Bung Hatta. 

Lokasi: Dekat Pasar Atas Bukittinggi

3. Balai Sidang Bung Hatta
Balai Sidang Bung Hatta merupakan gedung serba guna yang terletak satu tempat dengan Istana Bung Hatta. Gedung ini memiliki arsitektur klasik, dan sering digunakan publik untuk acara-acara besar seperti pertemuan-pertemuan para pejabat, Seminar, hingga acara-acara pernikahan.

Lokasi: sama dengan Istana Bung Hatta

4. Tugu Monumen Bung Hatta
Taman Monumen Bung Hatta mulai dibangun pada awal tahun 2002 silam, dan terletak bersebelahan dengan Istana Bung Hatta dan berdekatan dengan Jam Gadang, tepatnya disebelah timur Istana Bung Hatta. Monumen ini dibangun berbentuk patung Muhammad Hatta sedang berdiri sambil mengangkat tangan kanannya.

Setelah selesai, monumen ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia saat itu Megawati Soekarno Putri pada Desember 2003.

Sayangnya Monumen ini merupakan aset milik Provinsi bukan milik kota, sehingga Pemerintah Kota Bukittinggi tidak dapat menganggarkan dana untuk perawatan dan memanfaatkannya. Kondisi monumen ini sendiri terlihat tidak begitu terawat, padahal terletak di pusat kota yang selalu ramai dilewati pengunjung.
Taman Monumen Bung Hatta Kota Bukittinggi

Saat ini, Monumen Bung Hatta bersama dengan Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta, Istana Bung Hatta dan Balai Sidang Bung Hatta, melalui Yayasan Proklamator Bung Hatta, akan dikembangkan sebagai wisata Warisan Perjuangan Bung Hatta atau Hatta Memorial Heritage.

Lokasi: Bersebelahan dengan Istana Bung Hatta 

5. Perpustakaan Proklamator Bung Hatta 
Gedung Perpustakaan Proklamator Bung Hatta terletak di Gulai Bancah, dan letaknya berdampingan dengan Kantor Walikota Bukittinggi. Gedung yang berdiri megah diatas sebuah bukit ini, diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono (SBY) pada sepuluh tahun silam.
Di perpustakaan ini terdapat koleksi puluhan ribu judul buku, termasuk didalamnya koleksi buku yang ditulis oleh Bung Hatta.

Lokasi: Jalan Kesuma Sakti, Gulai Bancah - Bukittinggi

Semoga tulisan berjudul "Wisata Bukittinggi Bertema Bung Hatta" ini bisa menjadi referensi anda untuk melakukan perjalanan wisata sejarah ke Bukittinggi, khususnya bagi anda pengagum Bung Hatta.

Post a Comment

Copyright © CCB. Designed by OddThemes