Pencipta Si Unyil di Google Doodle Hari ini, Senin, 28 November 2016

Drs. Raden Suyadi Pencipta Boneka Si Unyil - Ada yang unik pada tampilan Google Doodle pada hari ini, Senin, 28 November 2016. Pada tema Google Doodle hari ini menampilkan salah satu tokoh asal Indonesia pencipta boneka Si Unyil, yakni Drs. Raden Suyadi, alias Pak Raden. 
Google Doodle Pencipta Unyil
Dalam rangka memperingati hari lahir pencipta Si Unyil yang ke-84, Google memajang lima karakter boneka dalam film si Unyil plus karakter pencipta Si Unyil itu sendiri yang ada dalam lingkaran, dalam laman utama pencarian Google.
Siapakan Drs. Suyadi?

Drs. Raden Suyadi lahir di Puger, Jember, Jawa Timur, pada 28 November 1932. Ia merupakan salah satu tokoh yang sangat berpengaruh di dunia hiburan Indonesia, khususnya dunia hiburan anak-anak.

Dari beberapa hasil penelusuran, pendidikan yang pernah ia tempuh adalah di Fakultas Seni Rupa Institut Teknologi Bandung (ITB) dari tahun 1952 hingga 1960. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya ke Prancis untuk belajar animasi yang dijalaninya hingga tahun 1963.

Selepas itu, ia kemudian menciptakan karya yang sangat digemari anak-anak hingga saat itu, yakni Si Unyil. Serial Unyil sendiri pertama kali tayang di stasiun televisi nasional TVRI pada tahun 1981 yang ditayangkan hingga pertengahan 90an.

Diawal 2000an serial Unyil juga sempat tayang di dua stasiun televisi RCTI dan kemudian juga pernah tayang di stasiun televisi TPI, dan hingga saat ini karakter Si Unyil sangat disukai.

Selain menampilkan karakter Si Unyil yang merupakan seorang anak yang cerdas, Suyudi juga membuat karakter teman-teman unyil seperti Usro, Ucrit, Cuplis dan Meilani. Selain itu juga ada karakter-karakter lainnya yang unik seperti Pak Ogah, Si Ableh, Bu Bariah dan tokoh yang ia perankan sendiri, yakni Pak Raden.

Tidak hanya itu, Suyudi juga pernah di minta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) untuk menjadi pembuat ilustrasi atau ilustrator pada buku pelajaran Bahasa Indonesia tingkat Sekolah Dasar (SD).

Drs, Suyudi atau Pak Raden meninggal dunia diusia 83 tahun, tepatnya pada 30 Oktober 2015 di Rumah Sakit Pelni Petamburan, Jakarta Selatan, karena sakit, dan jenazahnya di makamkan Taman Pemakaman Umum Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

Walaupun sudah tidak ada lagi, namun karya Pak Raden hingga saat ini sangat disukai publik. Sejak tahun 2007 silam hingga saat ini, karakter Si Unyil masih ditayangkan di stasiun televisi Trans 7 dalam acara Laptop Si Unyil.

Post a Comment

Copyright © CCB. Designed by OddThemes