Cara Membuat Privacy Policy untuk Blog

Pricavy Policy atau dalam bahasa Indonesianya biasa disebut kebijakan privasi merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah blog atau website yang fungsinya adalah untuk menjelaskan informasi tentang aturan-aturan atau kebijakan dari pemilik atau pengelola blog/website terhadap pengunjung. 

Tujuan dari Privacy Policy adalah agar pengunjung mengetahui tentang aturan-aturan yang berlaku tentang kebijakan yang dibuat pemilik atau pengelola blog/webasite. Privacy policy biasanya dibuat pada laman (page) khusus pada sebuah blog. 

Selain itu, privacy policy merupakan salah satu persyaratan untuk sebuah blog jika kita ingin mengajukan atau mendaftarkan blog kita ke program penerbitan periklanan seperti Google Adsense.

Salah satu persyaratan untuk membuat privacy policy di blog adalah kita harus memiliki link kontak (contact link) pada blog kita dan bisa disiapkan dengan membuat laman kontak.

Kita langsung saja pada pembuatan privacy policy

1. Untuk membuat privacy policy, tidaklah susah dan sangatlah mudah. Banyak situs-situs khusus untuk pembuatan privacy policy. Pada kesempatan kali ini kita membuat privacy policy dari situs Privacy Policy Online.
2. Setelah masuk di halaman depan, tersedia sebuah form (formulir), dan kita isi form tersebut sesuai dengan identitas blog kita
  • Your Site Title
  • Your Site URL
  • Contact Link
  • Email Address
3. Dilanjutkan dengan mengisi tab Cookies dan pilih Yes - Yes. My site use cookies
4. Untuk tab Advertisers on your site, jika nantinya blog anda akan anda daftarkan ke Google Adsense pilih dengan tanda centang pada kotak Google Adsense, atau anda bisa menandakan semuanya.

Cara Membuat Privacy Policy
Cara Membuat Privacy Policy

5. Setelah selesai, klik tombol generate policy, dan akan terbuka tab baru yang berisikan privacy policy yang diminta.
6. Privacy policy kita pun telah jadi, dan kita tinggal meng copy isi privacy policy kita, namun disarankan untuk meng copy yang berbentuk HTML dengan mengklik kotak General HTML for this page di sudut kiri sebelah bawah salinan privacy policy.

7. Setelah itu pastekan di laman (page) baru yang telah disediakan di blog dengan menggunakan HTML.


Mudah bukan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Post a Comment

Copyright © CCB. Designed by OddThemes