10 Negara Terluas di Dunia

Negara manakah yang memiliki predikat sebagai negara terluas di dunia? Mungkin pertanyaan ini sudah sering kita dengar. 

Namun tahukah anda bahwa Rusia yang terletak di Eropa bagian Timur dan memiliki jumlah penduduk atau populasi sekitar 147 juta penduduk ini merupakan negara yang memiliki wilayah terluas di dunia. 

Negara yang saat ini dipimpin oleh Presiden Vladimir Putin ini menempati posisi teratas untuk wilayah terluas di dunia dengan luas mencapai 17 juta kilometer persegi.



Berikut ini adalah daftar negara-negara terluas di dunia dikutip dari berbagai sumber


1. Rusia (17.075.200 Km2) 
Rusia merupakan negara pecahan Uni Soviet yang wilayahnya membentang di sisi utara benua Asia, hampir separuh bagian benua Eropa, memiliki 11 zona waktu, serta beragam jenis lingkungan dan bentang alam.

Selain itu, Rusia juga mempunyai cadangan mineral serta sumber energi terbesar didunia. Cadangan hutan serta danaunya merupakan 1/4 dari jumlah keseluruhan cadangan air tawar dunia. Walau memiliki daerah terluas di dunia, jumlah penduduk Rusia menempati peringkat ke-tujuh di bawah Tiongkok, India, Amerika Serikat, Indonesia, Brazil dan Pakistan

2. Kanada (9.976.140 Km2)
Di posisi kedua adalah Kanada yang menempati sebagian besar bagian dari Amerika Utara. Berbatasan dengan Samudera Atlantik di bagian timur, Samudera Pasifik di bagian barat, Samudra Arktik di bagian utara, serta Amerika Serikat di bagian selatan. Selain wilayahnya yang luas, panjang batas Kanada merupakan yang terpanjang didunia.

3. Amerika Serikat (9.639.810 Km2)
Untuk posisi ketiga ditempati negara tetangga Kanada, yakni Amerika Serikat. Negara yang biasa disebut dengan sebutan Paman Sam tersebut berbatasan dengan Meksiko dan Teluk Meksiko di sebelah selatan dan dengan Kanada di sebelah utara dan barat laut (eksklave Alaska). Di sebelah barat negara ini berbatasan dengan Samudera Pasifik dan di sebelah timur dengan Samudera Atlantik.

4. Tiongkok (9.596.960 Km2)
Tiongkok menempati posisi keempat sekaligus negara terluas di Asia. Walaupun menempati urutan empat untuk luas negara, untuk populasi penduduk Tiongkok merupakan negara terbesar didunia dengan penduduk mencapai 1,3 miliar jiwa atau sepadan dengan 1/5 dari total seluruh penduduk dunia.

Tiongkok memiliki dua wilayah otonomi khusus yang juga masih bertetangga dengan mereka, yakni Hongkong serta Makau. Dengan luas kurang lebih 9, 6 juta km², Tiongkok mempunyai bermacam bentang alam seperti hutan, stepa, gurun, hutan subtropis, dataran tinggi, pegunungan, dan dataran rendah.

5. Brazil (8.511.965 Km2)
Brazil merupakan negara paling besar dan memiliki penduduk paling banyak di Amerika Selatan. Negara yang terkenal dengan Tarian Samba ini merupakan negara paling timur di benua Amerika dan berbatasan dengan Pegunungan Andes dan Samudera Atlantik.

6. Australia (7.686.850 Km2)
Australia merupakan negara tetangga Indonesia yang terletak di belahan selatan yang terdiri dari daratan utama benua Australia, Pulau Tasmania dan berbagai pulau kecil di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

7. India (3.287.590 Km2)
Di urutan ketujuh ditempati India. Negara yang terletak di Asia Selatan dan memiliki populasi hampi 1,3 miliar penduduk tersebut terbentang dengan garis pantai sepanjang 7000 km. Penduduk India merupakan terbanyak kedua di dunia setelah Tiongkok. Negara ini membagi perbatasan dengan Pakistan, Tiongkok, Myanmar, Bangladesh, Nepal, Bhutan dan Afghanistan.

8. Argentina (2.766.890 Km2)
Selain Brazil yang menempati urutan kelima sebagai negara terluas di dunia, satu lagi negara asal Amerika Latin lainnya yang juga masuk sepuluh besar adalah Argentina. Negara asal pesepakbola tenar Maradona ini terletak di sebelah selatan di Amerika Selatan. Negara ini berbatasan dengan Paraguay dan Bolivia di sebelah utara, Brazil dan Uruguay di timur laut dan Chili di sebelah barat.

9. Kazakhstan (2.727.300 Km2)
Kazakhstan adalah nagara pecahan Uni Soviet yang terletak di dua benua, Asia dan Eropa. Sebagian besar wilayahnya termasuk dalam kawasan Asia Tengah dan sebagian kecil lainnya termasuk dalam kawasan Eropa Timur. Namun Kazakshtan memilih bergabung dengan Eropa.

Wilayahnya yang terbentang dari barisan Pegunungan Altai di timur hingga laut Kaspia di barat. Disebelah timur, berbatasan langsung dengan Tiongkok (Provinsi Xinjiang) dan disebelah selatan berbatasan dengan negara pecahan Uni Soviet lainnya seperti Uzbekistan, Turkmenistan, Kirgistan dan Laut Kaspia.

10. Aljazair (2.381.740 Km2)
Aljazair merupakan satu-satunya negara dari benua Afrika yang masuk dalam sepuluh besar negara terluas di dunia. Aljazair terletak di pesisir laut tengah, Afrika Utara. Negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam ini berbatasan dengan Tunisia di sebelah timur laut, Libya di sebelah timur, Maroko di sebelah barat, Sahara Barat, Mauritania dan Mali di sebelah barat daya, Niger di sebelah tenggara dan laut tengah di sebelah barat.

Indonesia urutan keberapa?

Mungkin anda bertanya-tanya, kenapa Indonesia tidak masuk dalam sepuluh besar negara terluas di dunia. Padahal Indonesia kan sangat luas bila dilihat dari Sabang sampai Merauke. Ya, Indonesia memang tidak masuk dalam sepuluh negara terluas di dunia karena hanya memiliki luas wilayah 1.990.250 kilometer persegi. 

Indonesia menempati urutan ke tiga belas sebagai negara terluas di dunia, dibawah negara asal benua Afrika Republik Demokrasi Kongo (2.345.410 km persegi) di posisi ke sebelas dan Arab Saudi (2.218.000 km persegi) di posisi ke dua belas.


Post a Comment

Copyright © CCB. Designed by OddThemes