Blog ini Akhirnya Diterima Google Adsense

Keinginan saya untuk menjadi Publisher Google Adsense akhirnya kesampaian setelah pihak Google Adsense menyetujui blog saya menjadi publisher Google Adsense pada Senin kemarin. Perjalanan hingga akhirnya berhasil diterima memanglah sangat berat. Blog saya diterima setelah pengajuan untuk yang kedelapan kalinya.
(foto. ilustrasi)

Walau hanya akun hosted, namun senangnya bukan main setelah pihak Google Adsense mengirimkan email pemberitahuan persetujuan ke email saya. Dan itu berarti, kesempatan saya untuk mendapatkan rezeki dari blog melelui Google AdSense sudah menemukan titik terang.

Sebenarnya, saya sendiri tidak terlalu yakin pada pengajuan yang kedelapan kalinya ini. Lantaran saya sebenarnya sudah capek karena selalu sering ditolak.
Pemberitahuan Google AdSense
Persiapan yang saya lakukan sebelum pengajuan blog ini ke AdSense untuk yang kedelapan kalinya ini hanya dengan menggantikan template dan itu pun saya dapatkan dari hasil free download.

Setelah saya ajukan, saya nyaris tidak melakukan apa-apa. Hanya satu postingan artikel saja yang saya buat pada hari kedua review. Selebihnya, saya hanya menunggu sambil melakukan aktivitas lainnya.

Namun, dari jauh-jauh hari sebelumnya, tepatnya empat bulan lalu, pertama kalinya saya mengurus blog yang sudah dua tahun lebih terbengkalai ini, banyak hal yang saya lakukan agar keinginan saya diterima Google Adsense tercapai.

Diawali dengan ketidaktahuan sama sekali tentang blog, saya terus belajar secara otodidak dengan membaca artikel-artikel di blog-blog terkenal dan video di youtube yang membahas tentang tutorial blog. Di situ saya banyak mendapat pengetahuan tentang cara mengurus dan mengelola blog dengan baik.

Saya berusaha untuk menerapkan cara-cara yang saya dapat dari berbagai tutorial dan selalu berusaha untuk mematuhi kebijakan program AdSense.

Selain itu, saya juga berusaha untuk mengisi blog saya dengan tulisan-tulisan berkualitas, walau hasilnya masih jauh dari kata berkualitas.

Selanjutnya, penampilan blog juga saya perbaiki semaksimal mungkin. Salah satunya adalah dengan menggunakan template responsive. Kelengkapan blog juga saya buat agar blog terlihat tidak asal-asalan. Kelengkapan blog yang saya maksud disini adalah
  • Halaman pendukung seperti Tentang Blog (About Us), Laman Kontak (Contact Us), Privacy Policy (Kebijakan Privacy), Disclaimer, Sitemap dan lain sebagainya.
  • Menu Navigasi yang jelas
  • Widget-widget pendukung yang diperlukan di sidebar seperti Profil Google+, Popular Post, Arsip dan Label/Kategori
Setelah lengkap, barulah melakukan pengajuan ke Google Adsense

Perjalanan hingga akhirnya diterima Google Adsense

Awalnya, dari pengajuan pertama hingga pengajuan ketiga yang ditolak, saya hanya mengajukan blog yang apa adanya. Hanya rajin isi artikel yang saya lakukan. Setelah itu, saya berpikir keras bagaimana caranya agar blog ini bisa diterima.

Pada pengajuan keempat hingga keenam, walau ditolak, namun tampilan blog saya sudah banyak mengalami perubahan dari sebelumnya.

Setelah penolakan keenam, saya sempat pesimis dan mengembalikan blog saya ke tampilan dasar yang kemudian saya ajukan kembali, dan hasilnya sudah bisa ditebak, yakni ditolak.

Satu minggu setelah penolakan ketujuh, saya kembali mengajukan blog saya ke AdSense dengan perbaikan yang saya lakukan. Salah satunya adalah dengan mengganti template dengan template responsive yang saat ini terpakai.

Saya sendiri sebenarnya juga bingung kenapa bisa diterima. Lantaran dari pertama pengajuan yang ke delapan ini hingga diterima saya hanya mengisi blog saya dengan satu postingan artikel yang saya lakukan pada hari kedua tahap review. Selain itu, pengunjung blog saya juga tidak begitu ramai yang bila dirata-ratakan setiap harinya tidak mencapai 100 pengunjung.

Kini, saya hanya bisa bersyukur kepada Allah SAW karena saya diberi kesempatan menjadi publisher Google AdSense dan itu berarti saya juga berkesempatan untuk mendapatkan rezeki melalui Google AdSense.

Saya juga mau mengucapkan banyak terima kasih untuk temen-temen grup di Google+ yang sudah begitu banyak membantu hingga akhirnya blog saya bisa diterima Google AdSense.

1 comment :

  1. Menginspirasi banget kisah perjuangannya!!
    Kalau saya dari dulu belum di terima sama Google Adsense dan sepertinya itu hal mustahil bagi blogger Newbie seperti saya!

    Setelah baca postingan dari Coratcoret Blogku!!
    Saya jadi pengen nyobain daftar lagi dan mencoba mengikuti jejakmu yang sudah diterima duluan..

    Thank untuk informasi menariknya gan!

    ReplyDelete

Copyright © CCB. Designed by OddThemes